Anjing Itu



Palov menyetrum anjing-anjing dalam penelitiannya mengenai perilaku. Bagaimana suatu organism menunjukkan respon pada sesuatu yang dialaminya menjadi focus utama penelitiannya. Banyak manusia yang sudah mengerti tentang hal ini. Tapi bagi saya, yang menarik dari pavlov dan anjing-anjingnya dalam serangkaian penelitiannya bukan bagian itu. 

Adalah sebuah penelitian, dimana dia menempatkan beberapa jenis anjing dalam sebuah penjara bawah tanah. Satu anjing bertubuh besar hobi sekali menyalak, tiada jam rasanya yang terlewati tanpa intimidasinya. Sedangkan yang lain, anjing-anjing yang lebih sedikit menyalak darinya mau tidak mau menjadi pengikutnya, karna kewibawaan dan kegaharan suaranya. Mereka mengekor saja, jarang sekali berhadapan dengan sorot mata langsung padanya. Hari pertama berlalu dengan terbentuknya beberapa kelompok yang superior dan inferior.

Luput dari pandangan penelitinya, satu anjing duduk diam diujung arena. Dia bertubuh kurus, malas, menjauh dari kerumunan dan pertikaian. Hampir tidak pernah anjing itu berkonfrontasi langsung dengan anjing lainnya. Duduk, diam, menjauh…
Beberapa dari kalian yang membaca mungkin merasa sudah mengetahui seperti apa kelanjutan kisah ini, jadi yakinilah apa yang kalian yakini. Biar nanti diteruskan esok hari, bagaimana kebenaran itu terjadi.

Comments

  1. Jadi anjing di sudut itu siapa vre? Apakah dia yg nanti menjadi penyelamat bumi dari ancaman monster vre?

    ReplyDelete
  2. bagi anda yang tertarik dengan kelanjutan kisah ini, silahkan mendaftarkan diri pada proyek donasi pamungkas foundation.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts