Rahasia Mimpi, Tidak Untuk Diperdagangkan

Banyak kalimat berseru merindukan kebebasan; Kebebasan berpendapat, kebebasan memilih, kebebasan absolut, kebebasan dari bebas itu sendiri, dlsb. Tapi apa la kebebasan tu?

Coba berhenti sejenak pada satu titik dimana tenang kalian datang. Tidak ada salahnya sekali-kali dalam suatu kurun waktu tertentu mencoba untuk berpikir.

Bebas untuk memilih? dengan pilihan yang terbatas. Bebas untuk berkehendak? dengan jangkauan yang terbatas. Bebas untuk berpendapat? dengan pendapatan yang terbatas. Kebebasan absolut? seperti apa? sel-sel penyusun tubuh kalian memiliki titik kadaluarsa. Jika kalian tak ada mau membaca atau mempercayai ilmu-ilmu yang telah lalu, kalian keterlaluan. Baiklah. Lihat dan pelajari hal-hal baru yang jelas baik nyatanya, hanya saja teliti dalam membeli, pilih yang minimal masuk akal.

Adalah kebebasan yang mendekati absolut, yaitu saat kalian bermimpi. Tapi melamun pun memiliki keterbatasan, bukan?! stok informasi, kemampuan penjelajahan ide, waktu. Ya. Waktu. ternyata sebenarnya kita terikat waktu. Meskipun sebenarnya tak ada yang pasti tau benar adakah waktu itu sendiri, atau hanya berupa blaming atas keterbatasan kalian. Kalau kalian hipster setidaknya bisa belajar banyak konsep waktu dari film Intersltellar dan atau Doctor Strange.

Adalah tersebut beberapa tahun terakhir mengenai konsep Lucid Dream. Banyak kontroversi mengenai itu. Tidak banyak yang sukses mencapai apa yang diinginkan dari bunga tidur itu. Masalahnya disitu, 'keinginan'. Keinginan terkadang membatasi, kalian harus tau itu.
Setidaknya agar tulisanku sedikit agak berguna; mengingat akhir-akhir ini mempublikasikan hal-hal sampah, tidak ada salahnya kuberikan sedikit saja bocoran mengenai portal menuju kebebasan yang mendekati absolut itu.

Penjelasan Lucid Dream banyak sekali, cari sendiri bisa.

Lalu bagaimana? Setidaknya ada 7 tahap dasar:
1. metoda ini sangat tepat jika pengguna sudah tidur selama 6-10 jam. jadi sebelum memulai ini kalian harus yakin kalau tidak mengantuk.

2. banyak sekali yang takut pada kasus sleep paralysis, tindihan, dan atau halusinasi berlebih. Ya bagaimana bisa belajar hal baru kalau kalian tetap berhenti pada fase 'takut'. tenangkan dirimu dan yakinlah. Ini adalah metoda inisiasi diri yang biasa digunakan di hypnotherapy dan kawan kawan, termasuk do'a, penyemangat diri dalam latihan MLM, dlsb. Jangan takut.

3. kalau kalian sudah siap, rebahan di kasur atau apapun tempat yang nyaman untuk kalian. Tentu saja dalam posisi yang nyaman. Tutup mata dan rileks. Menjadi pengingat tambahan agar sama sekali tidak membuka mata selama metoda ini dilakukan. Trust me.

4. dikarenakan kalian sudah tidur lama (6-10 jam), your mind won't fall asleep quickly. manfaatkan hal tersebut, konsentrasi pada ritme bernafas karena berhubungan erat dengan detak jantung kalian. Jangan biarkan kegelisahan, gundah-gulana, dan pemikiran-pemikiran lain mendistraksi. keep calm and concentrate.

5. setelah ada 15-30 menitan, kalian akan sampai tahap dimana tubuh fisik tak lagi terasa. Kalian biasanya akan melihat pola-pola warna dan atau cahaya aneh, macam kunang kunang dalam game-game era PS1 dan sebagainya. Jangan digubris, jangan mengalihkan konsentrasi pada hal yang kalian lihat, apalagi berinteraksi. Jangan. keep calm and concentrate.

6. tak lama lagi pola-pola itu akan membentuk objek-objek 2 atau bahkan 3 dimensi. Sangat mudah sekali konsentrasi kalian beralih pada hal itu. Percayalah. Tapi sekali lagi jangan berinteraksi dan atau mengalihkan konsentrasi pada apa yang kalian lihat. Biarkan saja mereka membentuk; abaikan.

7. kalau saja kalian berhasil menjaga awarness kalian hingga point ini, bentuk-bentuk tadi akan mulai menjadi jelas dan stabil. Kadang membentuk suatu suasana entah tempat atau skenario, bisa pasar, rumah kalian, kamar kalian, apapun yang berasal dari stok informasi di memori kalian. Tetap tenang, dan mulailah melangkah kedalamnya dengan keadaan dan maksud sadar, bayangkan kalian benar-benar ada disana. Voila!

Tips:

  •  membuka mata saat fase 5 dan atau 6 akan berakibat besar menggagalkan segalanya, seringkali berakhir pada mimpi buruk dengan mata terbuka. Ya. Tindihen. Kalau kalian mengalami sleep paralysis, tenangkan diri dan tahan nafas selama mungkin agar otak menginstruksikan lonjakan kejut pada otot-otot vital, sehingga kalian lepas dari kondisi tersebut.
  • setelah masuk ke dalam mimpi, jangan terlalu gumun dan atau excited. Hal tersebut biasanya mengacaukan susunan mimpi kalian. Berjalan-jalanlah dengan santai dan coba eksplorasi suasana yang ada, dengan begitu rileks adalah niscaya dan kalian bisa meneruskan merancang mau mimpi seperti apa.
  •  mimipi kalian itu akan memudar kalau kalian terlalu excited atau juga bored. Mulailah menggosok kedua telapak tangan kalian atau berputar-putar seperti joget film India atau balet jika mulai sadar bahwa you're not in control over your dream.
  •  jangan menelisik terlalu dalam atau terhanyut pada skenario yang ada, kemungkinan sebagian diri kalian akan terjebak pada hal itu. Lihat konsep Limbo pada film Insception.
  •  berbuat sesuka hati kalian boleh-boleh saja, asalkan tidak terlalu larut di dalamnya. Ya. Tentu saja mengintip bahkan ngencuk boleh-boleh saja, asal jangan terlarut. Trust me.
Dengan metoda ini sudah kubaca berbagai buku kehidupan, termasuk buku Abdul Hair yang rilis pada tahun 2017 dan 2019. Trust me.

Prochnost.

Comments

Popular Posts